Soal Penguasa HGU Ribuan Hektare, Mahfud MD: Ini Gila

Menkumham-Detik
Menkumham-Detik
Bagikan:

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, banyak grup atau kelompok menguasai Hak Guna Usaha (HGU) atas ratusan ribu hektare tanah.

Pernyataan Mahfud itu disampaikan lewat akun twitter miliknya @mohmahfudmd. “Ini gila. Penguasaan itu diperoleh dari Pemerintahan dari waktu ke waktu, bukan baru,” cuit Mahfud yang diakses, Senin (28/12/2020).

Baginya, penguasaan tanah oleh sekelompok orang itu merupakan limbah pemerintahan masa lalu. Mahfud mengaku, persoalan penguasaan tanah oleh segelintir kelompok merupakan hal yang cukup sulit diselesaikan.

“Ini adalah limbah masa lalu yang rumit penyelesaiannya karena dicover dengan hukum formal. Tp kita harus bisa,” kata Mahfud.

Netizen dengan akun @Fianto94 meminta Mahfud segera mengambil langkah untuk menyelesaikan persoalan rumit itu, dan tidak hanya menyampaikan di Twitter.

READ  14 Tahun Terbunuhnya Munir, Polri Didesak Bentuk Tim Khusus

Mahfud merespons, saat ini pemerintah memang tengah mengambil langkah dan terus berusaha menyelesaikan penguasaan-penguasaan lahan oleh segelintir orang ini.

Hanya saja, katanya, kendala yang dihadapi saat ini adalah penguasaan lahan itu diberikan pemerintah terdahulu yang sah sehingga pemerintah saat ini tak bisa begitu saja mengambil lahan tersebut.

“Kita terus berusaha untuk menyelesaikannya. Problemnya hak-hak itu dulunya diberikan secara sah oleh Pemerintah yang sah sehingga tak bisa diambil begitu saja. Cara menyelesaikannya juga harus dengan cara yang sah secara hukum,” kata Mahfud.

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar